Kamis, 08 Maret 2012

Jenis jaringan komputer

1. Jaringan Komputer Lokal dan Inter-jaringan
    Jaringan lokal dapat dibangun untuk menghubungi komputer yang jumlahnya sedikit, misalnya di laboratorium komputer sekolah. Dengan demikian, kita bisa saling berkomunikasi, bertukar informasi, file, atau menggunakan printer bersama-sama.
satu buah komputer pusat pada sebuah jaringan lokal memiliki kemampuan untuk melayani hingga 256 buah terminal. bila di suatu lembaga telah tersedia satu buah komputer pusat, maka dapat dibangun jaringan komputer dalam beberapa ruang.

2.Jaringan Metropolitan
   sebuah lembaga yang memiliki banyak cabang tentu mengalami banyak kesulitan dalam pendistribusian data dan informasi. untuk mengatasi hal itu, perlu diadakan penyatuan jaringan. Bila lembaga-lembaga itu masih berada dalam satu kota, dapat dibangun jaringan komputer metropolitan . jaringan ini menggunakan jalur telepon yang disediakan perusahaan tekomunikasi.

3.Jaringan Komputer Skala Luas
   Saat ini, lembaga atau perusahaan yang berskala nasional dan internasional sudah banyak menggunakan jaringan komputer skala luas. sistem jaringan ini dapat menghubungkan kantor-kantor cabang dengan kantor pusat.

sama seperti jaringan metropolitan, sistem jaringan ini masih dalam kendali lembaga yang bersangkutan, sehingga tidak setiap orang dapat memasuki sistem jaringan ini.

4.Internet
  internet merupakan jaringan yang memiliki jangkauan global (dunia). jaringan internet menghubungkan komputer-komputer pribadi, jaringan lokal, metropolitan dan jaringan skala luas di seluruh dunia, sehingga komputer personal dan jaringan komputer itu dapat saling berbagi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar